Visi dan Misi

Visi MTs Negeri 2 Rembang

Terwujudnya anak sholeh yang berprestasi dalam IMTAQ dan IPTEK.

Misi MTs Negeri 2 Rembang

1. Meningkat kwalitas keagamaan di Madrasah antara lain mengefektifkan shlalat berjamaah dan tadarus Al Qur’an.

2. Mewujudkan Madrasah sebagai pusat transformasi IMTAQ dan IPTEK.

3. Meningkatkan proses belajar mengajar dan bimbingan belajar agar siswa dapat berkembang secara maksimal sesuai kemampuannya.

4. Mengembangkan strategi kompetitif yang positif dilingkungan Madrasah secara demokratis.

5. Mengoptimalkan kegiatan ekstrakulikuler agar menghasilkan lulusan yang trampil.

6. Melestarikan dan mengembangkan olah raga, seni dan budaya nasional yang islami.

7. Mengembangkan pribadi yang muslim yang cinta tanah air.

Tuesday, October 22, 2019

Hari Santri


Hari Santi Menjadi Bermakna Dengan Warna

Rembang – “Hari santri merupakan sebuah hari untuk memperingati peran besar kaum kyai dan kaum santri dalam perjuangannya meraih kemerdekaan RI.  Sejarah membuktikan bahwa santri bersama dengan pejuang lainnya mempunyai peran penting dalam merebut kembali kedaulatan Negara Republik Indonesia dari penjajah asing.  Hari Santri yang jatuh pada tanggl 22 Oktober bertepatan dengan resolusi jihad KH.  Hasyim Asy’ari” inilah sepenggal amanat upacara yang disampaikan oleh Srianto, S.Pd selaku Pembina Upacara dalam memperingati Hari Santri Nasional (22/10)  di Lapangan MTs Negeri 2 Rembang.   Dalam upacara peringatan hari Santri Nasionalkali ini tidak seperti biasanya,  seluruh guru, staff tata usaha dan siswa mengenakan busana identitas santri (Busana Muslim). Dengan meneruskan tema tahun 2018, peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia”. Lebih lanjut Srianto menegaskan bahwa momentum Hari Santri dapat dijadikan semua pihak untuk bersatu dan bersama-sama membangun bangsa, berikan suasana sejuk, nuansa yang mengarah ke persatuan.
Upacara yang dilaksanakan disambut antusias oleh seluruh warga MTs Negeri 2 Rembang, bahkan seluruh siswa-siswi mengikuti upacara dengan khidmat.  Ditemui secara terpisah seusai upacara, Kepala MTs Negeri 2 Rembang,  Srianto, S.Pd. mengatakan bahwa Hari Santri Nasional ini adalah sebuah i’tikad baik dari pemerintah dalam menjaga tradisi dan khasanah nusantara, dimana ideologi barat sudah masuk ke Indonesia dan banyak mempengaruhi generasi-generasi muda Indonesia, untuk membendung arus globalisasi tersebut maka dengan adanya Hari Santri Nasional diharapkan para pemuda bisa kembali pada tradisi santri yang penuh dengan nuansa islam, akhlakul karimah serta menjunjung tinggi ilmu agama dan pengetahuan.
Seusai upacara, untuk mengisi Hari Santri Nasional seluruh siswa bersama guru melanjutkan kegiatan bersih lingkungan dan  melaksanakan pewarnaan paving halaman dengan beraneka warna. Hal ini mengandung makna bahwa suatu perbedaan yang digambarkan dengan warna jika digabung bersama-sama akan menciptakan suasana yang serasi, penuh keindahan.  Dengan penuh semangat siswa-siswi MTs Negeri 2 Rembang   menggerakkan  kuas untuk merias  paving halaman dengan cat sehingga menjadi menarik dan lebih indah.   Lebih jauh Srianto berharap, momentum Hari Santri dapat dijadikan semua pihak untuk bersatu dan bersama-sama memajukan madrasah untuk menghantarkan siswa-siswi madrasah menuju masa depan yang lebih baik dalam membangun bangsa. 
Sementara, salah satu siswa MTs Negeri 2 Rembang, Yogi Afidah menuturkan, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memaknai Hari Santri.  Salah satunya dengan mengisi kegiatan yang positif.  “Kita maknai dengan kegiatan positif, dan negatifnya kita kurangi bahkan harus kita buang” kata siswi kelas IX tersebut.  Dengan semangat generasi santri kegiatan diakhiri setelah pewarnaan paving sebagai simbol semangat “Santri for NKRI, Santri To World” dimana santri nusantara diharapkan dapat mengabdi dan berkarya demi kemajuan bangsa. (Wient).

No comments:

Post a Comment