Visi dan Misi

Visi MTs Negeri 2 Rembang

Terwujudnya anak sholeh yang berprestasi dalam IMTAQ dan IPTEK.

Misi MTs Negeri 2 Rembang

1. Meningkat kwalitas keagamaan di Madrasah antara lain mengefektifkan shlalat berjamaah dan tadarus Al Qur’an.

2. Mewujudkan Madrasah sebagai pusat transformasi IMTAQ dan IPTEK.

3. Meningkatkan proses belajar mengajar dan bimbingan belajar agar siswa dapat berkembang secara maksimal sesuai kemampuannya.

4. Mengembangkan strategi kompetitif yang positif dilingkungan Madrasah secara demokratis.

5. Mengoptimalkan kegiatan ekstrakulikuler agar menghasilkan lulusan yang trampil.

6. Melestarikan dan mengembangkan olah raga, seni dan budaya nasional yang islami.

7. Mengembangkan pribadi yang muslim yang cinta tanah air.

Sunday, November 4, 2018

Kegiat5an OSIM


LDK OSIM DAN DKG
MTs NEGERI 2 REMBANG



Rembang (MTs N 2)- Salah satu program madrasah yang dilakukan dalam mengembangkan potensi diri peserta didik MTs Negeri 2 Rembang adalah menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIM dan Pramuka yang diselenggarakan tanggal 2-3 November 2018 dengan diikuti 67 siswa yang terpilih sebagai calon  pengurus OSIM (Organisiasi Siswa Intra Madrasah) dan DKG (Dewan Kerja Gudep) masa bakti 2018/2019.  Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Pembina OSIM, Pembina Pramuka dan Dewan Guru yang bertugas sebagai nara sumber.  Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Madrasah H. Srianto, S.Pd.  Dalam sambutanya, Srianto menyampaikan bahwa “Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada pengurus OSIM dan DKG baru yang nantinya akan menjadi pemimpin seluruh kesatuan OSIM MTs Negeri 2 Rembang dengan harapan dapat membentuk karakter siswa berjiwa pemimpin yang amanah dan bertanggungjawab ”.  

Hal senada juga di sampaikan oleh Pembina OSIM, Wiwin Winarni selaku ketua panitia berharap hasil dari pelatihan ini mampu menjadikan siswa-siswi MTs Negeri 2 Rembang menjadi pemimpin yang islami.  "Pengalaman organisasi kecil di tingkat madrasah akan membuat calon para pemimpin ditempa cara berfikir, bersikap dan bertindak hingga menjadi pemimpin besar, yakni pemimpin yang memilikji kematangan emosi, leadership, pengendalian diri dan komunikasi yang efektif" ungkapnya.


LDK merupakan tahap pertama atau merupakan syarat yang harus dilalui para siswa sebelum dilantik menjadi pengurus OSIM dan DKG, dimana siswa harus terlebih dahulu mengikuti LDK.  Pelatihan ini punya peranan penting untuk membangun karakter kepemimpinan agar diumasa depan nanti ia bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk keluarga dan masyarakat.  LDK merupakan tahapan yang harus dilewati atau harus diikuti siswa sebelum ia menjadi pengurus OSIM dan DKG.  Semua siswa harus mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan dan apabila ada yang melanggar, sangsipun di diberlakukan.  Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) maupun Dewan Kerja Gudep merupakan salah satu kelengkapan Struktural di lingkungan Madrasah, yang senantiasa berupaya untuk ikut serta dalam pembangunan Mental dan Spiritual sebagai upaya proses pembentukan Insan Kamil yang bertaqwa dan mampu melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Individu dan Sosial, yang harus bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat yang serta di-Ridloi Allah SWT.  Keberhasilan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) ini akan dinilai oleh semua komponen apabila para kadernya mampu tampil di tengah-tengah masyarakat dalam merefleksikan atau memanifestasikan ilmu-ilmu keorganisasian yang telah mereka miliki dari bangku sekolah.

Program LDK ini adalah program tahunan yang wajib diikuti oleh Pengurus OSIM dan DKG. Karena dengan kegiatan LDK ini diharapkan tumbuh kesadaran dan kemandirian siswa terkait berbagai hal selama menjadi seorang pelajar.  Pada sesi  evaluasi kinerja OSIM dan DKG  masa bakti 2017-2018, Slamet Winarto selaku Pembina Pramuka  mengingatkan bahwa bagaimanapun kepengurusan OSIM hanya merupakan representasi siswa yang terlibat secara langsung ataupun di balik layar, sementara yang sering terlupa ialah kenyataan bahwa anggota OSIM maupun DKG sendiri ialah seluruh siswa MTs Negeri 2 Rembang.  Maka, penting untuk bisa mengubah paradigma yang mungkin salah selama ini. Setiap siswa perlu dibangkitkan kesadarannya, bahwa setiap mereka merupakan bagian dari OSIM dan hendaknya tetap mau berpartisipasi secara aktif dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan OSIM. Yang juga penting ialah, setiap pengurus OSIM menyadari tanggungjawab yang dipercayakan pada dirinya sebagai “duta’ OSIM, baik dalam keseharian- sebagai suri tauladan bagi siswa lainnya, maupun sebagai “agen” keberadaan OSIM sendiri. Sehingga semakin banyak siswa yang tertarik mengikuti OSIM untuk periode-periode berikutnya.   Mantan Ketua OSIM priode 2017/2018, Ismatul Maulani Berharap para pengurus OSIM dan DKG  2018-2019 semakin dimatangkan lewat LDK kali in, dan bisa saling bersinergi, bekerjasama dan berjuang memberikan yang terbaik untuk kemajuan MTs Negeri 2 Rembang (Wient).









No comments:

Post a Comment